Apiq Harapan Baru - Bekasi

Saturday, October 27, 2012

Belajar Matematika, Baik, Benar dan Menyenangkan

Matematika Kreatif di Bekasi



Anak-anak perlu belajar matematika dengan baik dan benar. Lebih dari itu anak-anak juga perlu belajar dengan mudah dan menyenangkan. Tetapai bagaimana caranya?
Paman APIQ telah menyiapkan beragam inovasi untuk membantu anak Anda menjadi jago matematika. Dengan metode APIQ anak Anda akan belajar matematika dengan baik dan benar. Masih bersama APIQ, matematika tampil dengan mudah dan menyenangkan.


Ciri dasar matematika yang baik dan benar adalah harus membahas setidaknya aritmetika, geometri, dan aljabar. Paman APIQ sering menyebutnya Algeometi. Sedangkan ciri matematika mudah dan menyenangkan adalah belajar math melalui permainan, sulap, dan pemahaman konsep.

“Jika idul adha tahun ini adalah hari Jumat maka hari apakah idul adha tahun depan?”
Menurut Paman APIQ kita masih perlu informasi tambahan untuk menjawab pertanyaan di atas. Agar lebih mudah mari info tambahan itu kita buat dengan asumsi saja.
Asumsikan bahwa bulan-bulan komariah bergantian terdiri dari 30 hari dan 29 hari. Maka dalam 1 tahun terdapat 6 x (30 + 29) = 354 hari.
Seperti kita tahu 1 minggu = 1 pekan = 7 hari.
Jadi kita tinggal mencari sisa pembagian 354 : 7 adalah = 4. Atau lebih kerennya adalah 354 modulus 7 = 4.
Jumat + 4 hari = Selasa.

Jadi, idul adha tahun depan adalah hari Selasa.(Selesai).
Perhatikan bahwa kita menggunakan asumsi selang seling 30 hari dan 29 hari. Mungkin saja dalam satu tahun komariah 7 bulan terdiri 29 hari dan 5 bulan 30 hari. Bila demikian tentu idul adha berikutnya adalah Senin.
Bagaimana menurut Anda?
Salam hangat…
angger | agus Nggermanto | Pendiri APIQ

1. Untuk mengenal jam sebaiknya kita pisahkan dulu antara menit dan jam. Jika kita sedang membahas menit biarkan anak-anak menikmati menit demi menit. Sedangkan bila kita sedang membahas jam, biarkan anak-anak menikmati jam.
2. Sangat membantu bagi anak-anak untuk memainkan jam mainan atau jam beneran yang mereka dapat menggerak-gerakan jarum panjang dan pendeknya.
3. Hindari membebani anak dengan banyak menggambar jam.
4. Perkenalkan perkalian 5 yang istimewa. Jarum panjang menunjuk 1 artinya 5 menit. Menunjuk 2 artinya 10 menit. Dan seterusnya.
5. Setelah perkalian 5 lancar, umumnya anak-anak sudah menguasai konsep waktu dalam menit. Saatnya kita mengenalkan bahwa 60 menit = 1 putaran penuh = 1 jam.
6. Petualangan dilanjutkan dengan satuan jam. Awalnya gunakan satuan jam bilangan bulat. Hindari pecahan.
7. Setelah mahir kenalkan bahwa 30 menit = 1/2 jam; 15 menit = 1/4 jam.

Contoh soal:
Ibu memasak selama 45 menit, berbelanja 30 menit, membersihkan rumah 50 menit, mencuci baju 40 menit.
Berapa lama ibu bekerja?
Bagaimana menjelaskan kepada anak agar mereka dengan mudah mengetahui jawabannya 165 menit = 2 jam 45 menit.

Pembahasan.
 Bagi siswa pemula memang biarkan mereka memahami bahwa jawabannya benar 165 menit.
Kemudian mantapkan pemahaman mereka dengan melihat jam nyata – atau gambar jam yang jelas – bahwa
60 menit = 1 jam.
Sehingga,
60 menit + 60 menit + 45 menit = 2 jam 45 menit.
Semoga dapat membantu.
Salam hangat…
agus Nggermanto

Mudah dan Asyiknya Matematika Aljabar


Paman APIQ sangat paham bahwa banyak anak yang mengalami kesulitan belajar matematika aljabar. Tetapi bila kita tahu cara belajar aljabar yang kreatif seperti APIQ maka aljabar akan menjadi tantangan yang sangat menarik.

Paman APIQ sudah sangat sering bermain aljabar dengan pendekatan otak kanan yang cepat dan asyik.
x + y = 7
y + z = 8
z + x = 5
x + y + z = ?

Anak-anak SD di APIQ semacam Algeometi dengan senang hati dapat menyelesaikan soal di atas dengan mudah. Jumlahkan seluruh yang diketahui,
2x + 2y + 2z = 20
x + y + z = 10  (Selesai)

Tetapi tantangan dapat kita naikkan agar menjadi lebih seru lagi. Paman APIQ mengajak kita berpetualang dengan tampilan soal yang dapat menggetarkan nyali siswa.
p + q = 3pq
q + r = 4qr
r + p = 5pr
pqr = ?

Gunakan cara kreati APIQ kita akan dapat menyelesaikan soal di atas dengan sangat mudah.
 
Paman Apik , saya mau tanya matematika, soal sepeti ini, Kemal mempunyai Uang Rp 500.000. besar uang ari dan pahmi 50 % dari uang kemal.uang ari besarnya 1/5 dari uang fahmi hitung berapa uang ari dan berapa uang fahmi.

Untuk permasalahan soal diatas bagaimana penyelesaian matematika yang muah cepat dan benar.
terimaksih sebelumnya.
wasalam
Misal uang ari = k
==> fahmi = 5k
==> Kemal = 2 x (k + 5k) = 12 k = 500.000,-
Uang ari = k = 500.000/12
Uang fahmi = 5k = 5 x 500.000/12 = 2.500.000/12 (Selesai)
Tetapi soal di atas akan lebih menarik bila perbandingannya sedikit kita ubah.

Kemal mempunyai Uang Rp 500.000. besar uang ari dan pahmi 50 % dari uang kemal.uang ari besarnya 1/4 dari uang fahmi hitung berapa uang ari dan berapa uang fahmi.

Ari = k
fahmi = 4k
Kemal = 2 x (k + 4k) = 10k = 500.000,-
Ari = k = 500.000/10 = 50.000,-
Fahmi = 4k = 4 x 50.000 = 200.000,- (Selesai).
Bagaimana menurut Anda?
Salam hangat…
angger | agus Nggermanto | Pendiri APIQ

Lebih Memahami Matematika dengan Nalar Permutasi

Paman APIQ mencari cara untuk terus memudahkan anak-anak kita belajar matematika. Inovasi demi inovasi terus berkembang.

“Dalam sebuah kelas yang terdiri dari 20 siswa akan dipilih ketua dan wakil. Ada berapa cara susunan ketua dan wakil yang mungkin?”
Pertama mungkin kita berpikir dengan cara coba-coba. Tetapi banyaknya pilihan ternyata sangat banyak. Kita perlu pemikiran lain yang lebih cerdik.
Kedua, bagi siswa yang sudah mengenal rumus permutasi kombinasi mungkin berpikir rumus apa yang dapat digunakan? Apakah rumus permutasi atau kombinasi?
Ketiga, mari kita berpikir kreatif.
Dari 20 siswa kita mempunyai pilihan 20 untuk calon ketua.
Dari 19 siswa kita mempunyai pilihan 19 untuk calon wakil.
Jadi banyaknya pasangan ketua dan wakil adalah,
20 x 19 = 380. (Selesai).

Permutasi atau Kombinasi?
Contoh di atas adalah permutasi bukan kombinasi. Karena siswa 1 sebagai ketua dan siswa 2 sebagai wakil akan dihitung berbeda dengan siswa 2 sebagai ketua, siswa 1 sebagai wakil.
Sedangkan kombinasi menganggap sama antara 12 = 21. Permutasi menganggap berbeda 12 dengan 21.
Mari kita cek rumus permutasi 2P20 = 20!/(20 – 2)!
= 18!19.20/18!
= 19.20
= 380 (Selesai).

Jadi di sini kita dapat melihat logika permutasi adalah logika sederhana untuk memilih banyaknya pasangan yang mungkin.
Bagaimana menurut Anda?
Salam hangat…
angger | agus Nggermanto | Pendiri APIQ


No comments:

Post a Comment